10 Nov 2010

Mengembalikan file yang ter-hidden system karena virus

Pernahkan anda mengalami file di flashdisk yg menjadi tersembunyi (Hidden) gara-gara terkena virus? Sebenarnya file yg ter hidden oleh virus tersebut masih bisa kita baca asalkan setingan folder options di windows kita di seting "show hidden files and folders" dan menghilangkan centang pada "hide protected operating system".

Setingan View di Folder Options
 Namun bisa juga karena windows kita mungkin pernah terinfeksi virus sehingga settingan pada folder option hilang, atau tidak dapat di buka.
Nah bagaimana untuk memunculkan kembali file yang tersembunyi tersebut? caranya adalah dengan menggunakan Command Prompt, kemudian ketik perintah berikut:
  • C:\attrib -r -h -s f:\*.* /s /d
Perintah Attrib disini di gunakan untuk memberikan perintah atribut, -r adalah untuk menghilangkan option read only, -h untuk menghilangkan option hidden, -s mengembalikan system file, f: disini diumpakan flashdisk anda berapa pada drive F:\ , /s artinya perintah tersebut dijalankan juga hingga subfolder.
Setelah itu cek flashdisk anda, nah sekarang anda dapat membaca semua file yang tersembunyi. Demikian tips dan trik dari saya semoga dapat membantu.

0 komentar:

Posting Komentar